SELAMAT DATANG di CharrorS Blog# Tempat Belajar# Sharing# dan berbagi Informasi dan Berita

Selamat Datang Di charrors Blog, tempat belajar, tempat berbagi info dan data

Kamis, 26 September 2013

psikologi pendidikan II

MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

DI SUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DOSEN PENGAMPU : Dra. Sri Suparwi , M.A



 














Di susun oleh

1.     Istiqomah widarinsih   : 11311020
2.     Nurul Aini                  : 11311023
3.     Ayu Kurniawati         : 11311025



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN SALATIGA
2013






Latar Belakang  Masalah

      Psikologi pendidikan merupakan sub disiplin ilmu psikologi. Psikologi pendidikan dideskripsikan oleh E.L. Thorndike pada tahun 1903 sebagai “ middlemen mediating between the science of psychology and the art of teaching “. Dalam banyak study , secara singkat , psikologi pendidikan merupakan disiplin ilmu yang mengaplikasikan ilmu pskologi dalam dunia belajar dan guru.
Psikologi pendidikan merupakan kondisi reaktif psikologi atas realita pendidikan dalam lingkungan belajar. Hal ini mencakup beberapa aspek kognitif maupun psikomotorik dalam berbagai kondisi pendidikan. Managemen emosional, motivasi serta sosial education antara guru dengan siswa maupun orang tua dengan siswa menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa hanya di pelajari dengan logika dasar semata.
Dalam konteks praktis psikologi pendidikan merupakan gabungan dari 2 bidang studi yang berbeda.

·         Pertama adalah psikologi yang mempelajari segala sesuatu tentang pikiran dan perilaku manusia serta hubungannya dengan manusia lain.
·         Kedua adalah pendidikan itu sendiri atau lebih khusus adalah sekolah. Jadi, sebagai sebuah subdisiplin ilmu sendiri dalam psikologi, psikologi pendidikan memfokuskan diri pada pemahaman proses pengajaran dan belajar yang mengambil tempat dalam lingkungan formal






\\\\
















PEMBAHASAN

Psikologi pendidikan bisa dipahami sebagai “study tentang proses pendidikan dari sudut tinjauan pikologi”. Apakah psikologi pendidikan sudah merupakan disiplin ilmu yang tersendiri? Psikologi pendidikan untuk menjadi sebuah ilmu harus mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat- syarat tersebut antara lain :
1.      Harus mempunyai objek
2.      Harus mempunyai metode khusus
3.      Harus mempunyai ruang lingkup studi yang jelas
4.      Harus mempunyai nilai guna dan manfaat

a.       Apa objek dalam psikologi pendidikan?
      Obyek psikologi secara umum adalah pendidikan anak dan murid. Karena pendidikan secara umum itu masih dirasakan oleh anak dan murid. Jadi, perkembangan pendidikan itu tercemin pada anak dan murid. Karena tujuan utama psikologi pendidikan adalah mengembangkan pendidikan. Dibandingkan dengan usia yang lain, anak dan muridlah yang paling membutuhkan pendidikan. Tidak hanya anak tetapi juga orang dewasa karena pada dasarnya semua orang membutuhkan pendidikan.
Karena sifat-sifat manusia yang sangat kompleks dan unik  maka obyek psikologi biasanya dibedakan menjadi dua macam yaitu:
-          Obyek material
Yaitu obyek yang bersifat umum yang juga menjadi objek kebersamaan ilmu-ilmu umum lainnya yang sejenis. Obyek material adalah obyek yang dipandang secara keseluruhanya. Obyek material dari psikologi adalah manusia.
-          Obyek formal
Yaitu objek yang bersifat khusus yang hanya menjadi sasaran studi itu sendiri dari ilmu yang bersangkutan dan berbeda dari obyek-obyek ilmu lainnya. Obyek formal dari psikologi berbeda-beda menurut perubahan zaman dan pandangan para ahli masing-masing. Pada zaman Yunani sampai dengan abad pertengahan yang menjadi obyek formalnya adalah hakekat jiwa. Pada masa Decrates obyek psikologi itu adalah gejala-gejala kesadaran yakni apa yang kitta ahyati dalam kesadaran kita seperti tanggapan, perasaan, emosi, hasrat, kemauan dll. Pada aliran Behavorisme yang timbul di Amerika pada permulaan abad ke-20 yang menjadi obyek formalnya adalah tingkah laku manusia yang tampak.

b.      Apa saja metode khusus dalam psikologi pendidikan?
Psikologi pendidikan memiliki beberapa metode dalam


c.       Apakah ruang lingkup studi dalam psikologi pendidikan?
Ruang lingkup dalam psikologi pendidikan meliputi :
-          Masalah  perkembangan dan pertumbuhan individu
-          Masalah belajar mengajar meliputi :
·         Perkembangan belajar peserta belajar terhadap perkembangan dan pertumbuhan fisik.
·         Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar.
·         Dukungan orang sekitar peserta belajar (orangtua, teman sepermainan, teman sekolah, masyarakat dan pemerintah).

-          Masalah pengukuran dan penelitian
-          Masalah bimbingan dan penyuluhan

d.      Apakah manfaat dari psikologi pendidikan?
      Seperti dalam ilmu-ilmu lainnya psikilogi pendidikan juga memiliki beberapa manfaat  dan nilai guna. Secara praktis psikologi pendidikan berguna pada mereka yang terlibat dalam proses pendidikan dan pengajaran.
-          Manfaat psikologi bagi para guru pengajar atau pendidik :
·         Membantu pendidik dalam memahami karakter peserta didik
·         Memhami proses belajar mengajar sehingga dapat menciptakaan suasana kelas yang kondusif
·         Membantu guru dalam pemilihan strategi dan metode  dalam pembelajaran
·         Membantu pendidik untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan belajar
·         atau perolehan hasil belajar yang telah dicapai peserta didik
Metode-metode yang bisa digunakan dalam psikologi pendidikan antara lain :
1.      metode eksperimen : dalam psikologin pendidikaan , metode ini digunakan untuk menguji keabsahan dan kecermatan kesimpulan yang ditarik dari penelitian dengan menggunakan metode yang lain.
2.      Metode kuesioner
Metode study kasus : digunakan untuk memperoleh gambaran rinci tentang aspek-aspek psikology siswa atau sekelompok siswa . studi ini biasanya diikuti oleh studi lain yang berskala besar untuk mencapai generalisasi hasil tes.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar