MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DI SUSUN GUNA MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DOSEN PENGAMPU : Dra. Sri Suparwi , M.A
Di susun oleh
1. Istiqomah widarinsih
: 11311020
2. Nurul Aini : 11311023
3. Ayu Kurniawati : 11311025
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN
SALATIGA
2013
Latar Belakang Masalah
Psikologi
pendidikan merupakan sub disiplin ilmu psikologi. Psikologi pendidikan
dideskripsikan oleh E.L. Thorndike pada tahun 1903 sebagai “ middlemen
mediating between the science of psychology and the art of teaching “. Dalam
banyak study , secara singkat , psikologi pendidikan merupakan disiplin ilmu
yang mengaplikasikan ilmu pskologi dalam dunia belajar dan guru.
Psikologi pendidikan merupakan kondisi reaktif psikologi
atas realita pendidikan dalam lingkungan belajar. Hal ini mencakup beberapa
aspek kognitif maupun psikomotorik dalam berbagai kondisi pendidikan. Managemen
emosional, motivasi serta sosial education antara guru dengan siswa maupun
orang tua dengan siswa menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa hanya di
pelajari dengan logika dasar semata.
Dalam konteks praktis psikologi pendidikan merupakan
gabungan dari 2 bidang studi yang berbeda.
·
Pertama
adalah psikologi yang mempelajari segala sesuatu tentang pikiran dan perilaku
manusia serta hubungannya dengan manusia lain.
·
Kedua adalah
pendidikan itu sendiri atau lebih khusus adalah sekolah. Jadi, sebagai sebuah
subdisiplin ilmu sendiri dalam psikologi, psikologi pendidikan memfokuskan diri
pada pemahaman proses pengajaran dan belajar yang mengambil tempat dalam
lingkungan formal
\\\\
PEMBAHASAN
Psikologi
pendidikan bisa dipahami sebagai “study tentang proses pendidikan dari sudut
tinjauan pikologi”. Apakah psikologi pendidikan sudah merupakan disiplin ilmu
yang tersendiri? Psikologi pendidikan untuk menjadi sebuah ilmu harus mempunyai
beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat- syarat tersebut antara lain :
1. Harus mempunyai objek
2. Harus mempunyai metode khusus
3. Harus mempunyai ruang lingkup studi yang
jelas
4. Harus mempunyai nilai guna dan manfaat
a. Apa objek dalam psikologi pendidikan?
Obyek psikologi secara umum adalah
pendidikan anak dan murid. Karena pendidikan secara umum itu masih dirasakan
oleh anak dan murid. Jadi, perkembangan pendidikan itu tercemin pada anak dan
murid. Karena tujuan utama psikologi pendidikan adalah mengembangkan
pendidikan. Dibandingkan dengan usia yang lain, anak dan muridlah yang paling
membutuhkan pendidikan. Tidak hanya anak tetapi juga orang dewasa karena pada
dasarnya semua orang membutuhkan pendidikan.
Karena
sifat-sifat manusia yang sangat kompleks dan unik maka obyek psikologi biasanya dibedakan
menjadi dua macam yaitu:
-
Obyek
material
Yaitu obyek yang bersifat umum yang juga menjadi
objek kebersamaan ilmu-ilmu umum lainnya yang sejenis. Obyek material adalah
obyek yang dipandang secara keseluruhanya. Obyek material dari psikologi adalah
manusia.
-
Obyek
formal
Yaitu objek yang bersifat khusus yang hanya menjadi
sasaran studi itu sendiri dari ilmu yang bersangkutan dan berbeda dari
obyek-obyek ilmu lainnya. Obyek formal dari psikologi berbeda-beda menurut
perubahan zaman dan pandangan para ahli masing-masing. Pada zaman Yunani sampai dengan abad
pertengahan yang menjadi obyek formalnya adalah hakekat jiwa. Pada masa
Decrates obyek psikologi itu adalah gejala-gejala kesadaran yakni apa yang kitta
ahyati dalam kesadaran kita seperti tanggapan, perasaan, emosi, hasrat, kemauan
dll. Pada aliran Behavorisme yang timbul di Amerika pada permulaan abad ke-20
yang menjadi obyek formalnya adalah tingkah laku manusia yang tampak.
b. Apa saja metode khusus dalam psikologi
pendidikan?
Psikologi
pendidikan memiliki beberapa metode dalam
c. Apakah ruang lingkup studi dalam
psikologi pendidikan?
Ruang lingkup dalam psikologi
pendidikan meliputi :
-
Masalah perkembangan dan pertumbuhan individu
-
Masalah
belajar mengajar meliputi :
·
Perkembangan
belajar peserta belajar terhadap perkembangan dan pertumbuhan fisik.
·
Faktor
yang mempengaruhi keberhasilan belajar.
·
Dukungan
orang sekitar peserta belajar (orangtua, teman sepermainan, teman sekolah,
masyarakat dan pemerintah).
-
Masalah
pengukuran dan penelitian
-
Masalah
bimbingan dan penyuluhan
d. Apakah manfaat dari psikologi
pendidikan?
Seperti
dalam ilmu-ilmu lainnya psikilogi pendidikan juga memiliki beberapa
manfaat dan nilai guna. Secara praktis
psikologi pendidikan berguna pada mereka yang terlibat dalam proses pendidikan
dan pengajaran.
-
Manfaat
psikologi bagi para guru pengajar atau pendidik :
·
Membantu
pendidik dalam memahami karakter peserta didik
·
Memhami
proses belajar mengajar sehingga dapat menciptakaan suasana kelas yang kondusif
·
Membantu
guru dalam pemilihan strategi dan metode
dalam pembelajaran
·
Membantu
pendidik untuk melakukan penilaian terhadap kegiatan belajar
·
atau
perolehan hasil belajar yang telah dicapai peserta didik
Metode-metode yang bisa
digunakan dalam psikologi pendidikan antara lain :
1. metode
eksperimen : dalam psikologin pendidikaan , metode ini digunakan untuk menguji
keabsahan dan kecermatan kesimpulan yang ditarik dari penelitian dengan
menggunakan metode yang lain.
2. Metode
kuesioner
Metode study kasus : digunakan untuk memperoleh
gambaran rinci tentang aspek-aspek psikology siswa atau sekelompok siswa .
studi ini biasanya diikuti oleh studi lain yang berskala besar untuk mencapai
generalisasi hasil tes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar